23 Des 2008

Membuat Pola Kristik Sendiri dengan Photoshop




Assalaamuallaikum.
Kemarin, agak frustrasi dengan ongkos kirim yang tertera di toko yang menjual DVD album peringatan 26 tahun Solidarnosc (Live in Gdansk, David Gilmour dkk), aku malah jadi menemukan tutorial cara membuat pola kristik dengan Photoshop, lengkap hingga mengganti warna dengan simbol. Ini "temuan" luar biasa karena dari berbagai tutorial yang bertebaran di internet tentang membuat pola kristik dengan photoshop, biasanya tanpa membuatnya jadi simbol. Dengan mengganti warna menjadi symbol, keuntungannya kita dapat mencetak pola dengan tinta hitam saja, dan hasilnya tetap lebih jelas untuk mempermudah kita melihat perbedaan antara warna yang senada/mirip. Blessing in disguise... hi hi hi. Berikut ini adalah terjemahannya (terjemahan bebas, bebas sekali):

Persiapan

Pertama-tama, siapkan gambar dengan menurunkan resolusinya sehingga satu piksel mewakili satu tusuk silang. Makin rendah resolusi gambar, makin sedikit jumlah warna dan ini akan menghasilkan pola dengan lebih sedikit warna benang yang akan digunakan.
Special tips: Sebaiknya, untuk membuat pola, gunakan salinan gambar sehingga kita akan tetap memiliki gambar asli jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan ;)

Menurunkan Resolusi Warna

Bila sahabat ingin melakukan auto-levels dan auto-contrast, sebaiknya lakukan sebelum kita melakukan downsampling ini. Selanjutnya, ayo kita mulai. Salah satu cara mudah untuk menurunkan resolusi gambar adalah dengan menggnakan filter "Mosaic". Kelemahannya, kita tidak leluasa menentukan langkah selanjutnya [hue hue, ga berguna deh]. Jauh lebih mudah untuk menurunkan resolusi begitu saja hingga sesuai dengan jumlah tusuk silang yang kita inginkan pada desain jadi nanti.
Caranya, pertama sekali tentukan ukuran desain kristik yang kita inginkan sesuai dengan jenis kain, lalu hitung jumlah tusuk silang yang akan dibuat (supaya mudah, gunakan ukuran lebar/mendatarnya saja dan centang box "Restrain Proportion" agar ukuran tegaknya mengikuti secara otomatis).
Ubah ukuran gambar ke jumlah piksel sesuai angka tersebut.
Untuk mempermudah kita (terutama yang matanya agak bolor seperti diriku), naikkan kembali resolusinya sampai 500% (hasilnya, tiap kotak = 5px). Jangan lupa, penting, centang seting "Nearest Neighbour" untuk mempertahankan batasan tiap piksel semula (kotak-kotak tusuk silang kita).

Index Warna

Sekarang kita kurangi jumlah warna. Ada dua cara untuk melakukannya dan dua teknik berbeda ini akan memberi hasil yang berbeda pula bergantung pada gambar asli kita.
Cara pertama adalah mengganti image mode menjadi "Indexed Color" dan batasi jumlah warna yang dipakai. Klik "Image" di menu photoshop, lalu klik "Mode" » "Indexed Color". Uji cobakan jumlah warna yang berbeda-beda untuk melihat hasil yang mungkin diperoleh. Kuncinya adalah ntuk mencapai kualitas sebaik mngkin dengan sesedikit mungkin jumlah warna.
Cara kedua adalah dengan menggunakan filter "posterize" (silakan mencari tambahan plugin photoshop jika belum ada [GRIN]). Lakukan hal sama seperti cara sebelumnya: coba ubah-ubah angkanya dan lihat hasil angka berbeda itu. Tetapi ingat, jika angka terlalu besar (artinya banyak warna), pola jadi nanti akan semakin rumit ;).

Membuat Grid

Hal pertama yang kita lakukan untuk membuat grid pada pola kristik kita adalah membuat pola grid-nya. Bila kita menggunakan kotak 5px untuk satu tusuk silang kita dan kita menginginkan garis tebal untuk tiap garis ke-lima, buatlah dokumen baru di photoshop dengan ukuran 25x25 px. Gambar 4 garis 1px dengan warna abu-abu (gray) dan pada sisi kanan serta bawah gambar garis datar dan tegak dengan menggunakan warna hitam (black). Jangan lupa, pakai latar transparan (transparent background). Jadikan gambar ini sebagai "pattern".
Selanjutnya, buat satu layer baru di atas layer yang berisi gambar yang kita polakan.
Satukan kedua layer dengan fasilitas "merge" (cara gampangnya, di jendela layer, klik saja "merge visible").
Nah, sampai di sini kita sudah berhasil membuat pola berwarna untuk gambar tadi. Jika gambarnya sederhana (hanya sedikit warna) pola ini sudah cukup baik bila dicetak dengan tinta berwarna. Bila tak punya printer berwarna atau punya tapi kualitas cetakan warnanya hanya pas-pasan saja... hiks, pola kita ini akan cukup "hancur" tak karuan --menyakitkan mata. Apalagi jika dipaksa cetak hitam putih saja, sering kali warna abu-abu begitu dekat satu dan lainnya sehingga puyeng kita memisahkannya. Supaya itu tak terjadi, berikut adalah langkah untuk mngganti warna jadi simbol.

Mengubah Warna jadi Simbol

Pertama sekali, salin gambar yang telah kita turunkan resolusinya tadi. Salinan ini diperlukan agar kita dapat kembali mengidentifikasi warna setelah kita ubah jadi simbol.
Sekarang kita buat beberapa "pattern" untuk menjadi simbol yang mengganti warna-warna di gambar kita. Karena tadi kita gunakan kotak 5px untuk satu tusuk silang, maka buat "pattern" ini dengan ukuran 5x5 px dan supaya mudah pakai 4x4 piksel di bagian atas kiri sebagai area gambar. Setelahnya, jadikan sebagai pattern (di menu-bar, klik Edit » Define Pattern). Buat bentuk berbeda sebanyak jumlah warna yang ada di gambar kita.
Buat satu layer baru di belakang layer gambar, penuhi (fill) dengan salah satu pattern simbol 5x5 px yang sudah dibikin tadi.
Sekarang kembali ke layer gambar. Gunakan "magic wand" untuk menyeleksi warna yang akan kita ganti dengan simbol. Jangan terapkan Anti-alias, terapkan Tolerance=0 dan non-Contiguous. Lalu, hapus warna yang sudah diseleksi dengan magic wand ini (gampangnya, pencet tombol "delete" di keyboard)
Merge kedua layer. Ulangi hal ini terhadap semua warna yang ada di gambar (itulah kenapa kita perlu membuat pattern simbol sebanyak warna yang ada). Buat Grid (terapkan pembuatan grid seperti untuk membuat pola berwarna) agar pola dita lebih mudah dilihat. Voila, pola kita selesai.
Special Tips: supaya lebih mudah secara keseluruhan, buat kotak lebih besar sejak awal membuat pola dan buat pula grid dan simbol yang lebih besar. Aku sendiri bukannya memakai 5px untuk ukuran kotak, tapi 20px. membuat simbolnya tinggal dikalikan saja dengan perbandingan yang sesuai.

Contoh Pola Kristik yang Sudah Jadi


Pola sebelah kiri adalah pola berwarna, yang sebelah kanan adalah pola dengan simbol. keduanya dibuat dengan kuran kotak 20px
Sekian dulu posting tentang membuat pola dengan photoshop ini. Menyadari terjemahan bebas yang bebas sekali ini, bila sahabat ingin membaca artikel aslinya, silakan klik di sini dan bila sahabat ingin menyapa penulisnya langsung, silakan hubungi Johan Ronstrom.

Semoga berkenan dan memberi manfaat. Wassalaamu'allaikum.


8 comments:

jaloee mengatakan...

wah ini keren ren.. dari pd pake sofware kristik.. kayaknya sy lebih cucok pake sotoshop.. kalau dengan ilustrator gmana ren ? soalnya ilutrator dah otomatis ada grid nya gitu..

btw.. sumbernya otre tuh.. dan udah sy bookmark.. trim info na ..

eh soal index label.. mungkin karena jumlah postingan yg di tampilkan di fron page nya di setting cuman satu postingan.. coba kalau 2 atau tiga postingan yang di tampilkan..

Ren mengatakan...

waduh, ilustrator adobe ya... ihik, tar insya Allah kapan2 bisa punya komputer yg sanggup nampung, yg cukup up to date gitu hi hihi

labelnya...kayaknya emang aku harus pake readmore neh...

bunda mengatakan...

ren..belajar pake sotosop aja bunda belum ngerti..huhuhu

Ren mengatakan...

bunda, ada suhu photoshop loh, itu si jalu yang komentar di atas sekali... bunda coba lihat blognya

Dewi Helfer Cliquers mengatakan...

assalamualaikum .. saia berminat dengan pola kristik yang tulisan all swt dan muhammad saw. saia ingin memesan tapi contact persennya gatau,,, kalau boleh anda bisa menelfon saia dino 081354738030 atau di 085342627716

af riani mengatakan...

sekarng sudah memasuki liburan sekolah saya ingin liburan diisi dengan kegiatan yg berguna seperti membuat tusuk sulam krisstiik tapi dengan pola yg dibuat sendiri lalu saya mencari di google eh ketemu blok krisstiik islami ini ternyata bisa dibuat pola gambarnya dengan photoshop saya jadi sangat antusias sebab dlm blan desember ini dua anak saya berulang tahun saya ingin membuatkan mereka sebuah hadiah tapi dengan pola gambar tokoh kesengan mereka bisa bantukan kan?

Ren WS mengatakan...

halo mbak af riani,
apa yg bisa saya bantu? bila mampu, saya akan usahakan. ohya, untuk pembuatan pola kristik (pesan pola khusus--misalnya foto), mbak bisa hubungi Pak Thomas Subandriyo, blog-nya di http://indokristik.blogspot.com

saya dan pak Thomas bekerja sama dalam hal ini.

fajarside mengatakan...

tks artikelnya kak,, sangat bermanfaat :)

Poskan Komentar

Sukran. Berikan komentar Anda di sini. Itu akan membantu kami memperbaiki isi blog, insya Allah. JAK

Entri Populer Minggu Ini