26 Mei 2008

Mengukur Kain Kristik


Assalaamu'allaikum.
Sesekali kita mendapatkan pola kristik dengan desain menarik, tapi mengerutkan jidat sewaktu melihat ukuran yang tertera di pola tersebut hanya jumlah silangan mendatar dan tegak. Misalnya, pada pola gratis bulan April tertera 165 stitches wide by 165 stitches high (165 silangan mendatar X 165 silangan tegak). Hadoouwh, kristik jadinya sebesar apa? Butuh kain berapa kali berapa senti ukurannya?
Tidak perlu mengerutkan jidat. Senyum saja. Selain buat ibadah, senyum itu juga karena ini bukanlah hal yang serumit dugaan semula. Menghitung ukuran desain jadi dan kain yang dibutuhkannya sama sekali tidak susah.
Pertama, yang perlu kita tentukan adalah tipe ukuran kain yang akan kita jadikan media kerja kita. Katakanlah, karena ini yang umumnya tersedia, kita pilih kain 14ct. Ini artinya, dalam 1 inci kita akan membuat 14 tusuk silang.
Selanjutnya, kita mulai penghitungan untuk mengetahui ukuran desain jadi dari pola tadi. Caranya, kita bagi jumlah silangan mendatar ( stitches wide) dengan 14, dan hasilnya dikalikan 2.54 (untuk mengubah inci ke parameter cm).


165:14 = 11.785 inch
11.785 x 2.54 = 29.95 cm

Lakukan langkah yang sama untuk ukuran tegak. Kebetulan, karena desain contoh kita ini berbentuk bujur sangkar (sisi datar dan tegaknya berukuran sama), maka penghitungan untuk mengetahui panjang sisi tegak desain jadi menghasilkan angka yangsama, yaitu 29.93 cm. Artinya, untuk pola 165 x 165 stitches dimensi desain jadi = 29.93 X 29.93 cm, bulatkan saja jadi 30 x 30 cm.

Setelah kita ketahui ukuran desain jadi dari pola tersebut, tinggal tambahkan setidaknya 10 cm lebih dari ukuran kain yang kita perlukan. Tambahan ini bisa lebih atau kurang dari 10 cm, yang penting kristik yang sudah selesai nanti jangan sampai tidak bisa dibingkai karena tidak tersisa cukup kain untuk keperluan pemasangan pigura. Nah, kita dapati untuk pola itu kita membutuhkan kain 14ct berukuran 40 x 40 cm.


Lihat kan? Tidak perlu mengerutkan jidat lagi kalau menemukan pola yang hanya mencantumkan jumlah tusuk silang (stitch). Cukup bagi jumlah stitch mendatar dengan jumlah lubang kain per inci, lalu kalikan 2.54 untuk mengubahnya menjadi cm. Lakukan juga pada jumlah stitch tegak. Hasilnya adalah dimensi kristik jadi. Kemudian, tambahkan 10 cm baik pada sisi datar maupun sisi tegak. Hasil terakhir ini adalah dimensi kain yang diperlukan.

Bila sedang online, di bagian kanan blog ini ada kalkulator yang dapat membantu anda menghitung ukuran desain jadi dari suatu pola. Caranya gampang. Tinggal masukkan jumlah silangan mendatar dan tegak, lalu isikan jumlah lubang kain (ct) dan pilih parameternya (inci atau cm) lalu klik tombol hitung. Anda akan mendapat hasilnya dalam satuan inci dan cm sekaligus. Apakah harus online untuk memakai kalkulator tersebut? Tidak perlu. Cukup anda save halaman ini ke komputer anda, maka anda akan dapat memakainya secara offline. Tidak rumit, kan?
Semoga berguna.
Wassalaam.

2 komentar:

  1. font na gedean dong.. bacanya jadi perih neh...

    feedfetcher itu mungkin sejenis sama feedburner

    BalasHapus
  2. bisa ga mba, bikin pola kaligrafi untuk kain flannel
    kalo bisa hub aq japri itsme4nggi@yahoo.com

    BalasHapus

Sukran. Berikan komentar Anda di sini. Itu akan membantu kami memperbaiki isi blog, insya Allah. JAK

Entri Populer Minggu Ini