8 Apr 2009

SAYEMBARA PENULISAN NASKAH BUKU PENGAYAAN Tahun 2009


Ini posting yang tidak berhubungan sama sekali dengan dunia kristik, kalaupun ada... yah, itu bisa saja bila pembaca berminat mengikuti sayembara ini dan membuat buku pengayaan untuk pelajaran keterampilan yang isinya tentang membuat kristik, mulai dari pola hingga pemasaran. [Maksain ya? GRIN]. Beberapa waktu lalu, kakakku yang guru SMP di kecamatan Pekalongan, Lampung Timur mendengar sal adanya lomba ini dan minta dicarikan info. Nah, pas aku cari-cari, ternyata di situs resminya www.sibi.or.id, informasi tersebut nihil adanya. Tambahan pula, segala fasilitas kontak admin, guestbook, dll semuanya macet tak berfungsi (adminnya tidur, ngkaleee). Syukurlah, setelah meminta tolong mas tukang koran untuk mencari info ini di suratkabar basi yang ada di kiosnya, saya temukan juga info ini. Jadilah, dengan niat untuk membantu penyebaran info ini, saya putuskan untuk membuat posting ini.

SAYEMBARA PENULISAN NASKAH BUKU PENGAYAAN Tahun 2009

·         TEMA PENULISAN NASKAH: Membangun manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif.
  • NASKAH BUKU YANG DISAYEMBARAKAN ADALAH naskah buku pengayaan, yaitu buku yang dapat memperkaya pengetahuan, mengembangkan keterampilan, dan membentuk kepribadian/ watak yang positif peserta didik untuk jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/ SMK/MAK. Naskah yang disayembarakan adalah naskah fiksi dan nonfiksi.
A. Naskah fiksi adalah naskah yang diciptakan terutama berdasarkan kreativitas dan imajinasi, dalam bentuk:


    1. prosa, berupa novel atau kumpulan cerpen;
    2. puisi (kumpulan puisi);
    3. drama (sebuah atau lebih drama).
B. Naskah nonfiksi adalah naskah yang berisi hasil observasi (secara langsung atau melalui studi kepustakaan) mengenai suatu proses atau suatu objek yang bersifat faktual, dalam bentuk:


    1. pengayaan pengetahuan alam (tentang biologi, fisika, kimia, IPA, lingkungan alam, dll),
    2. pengayaan pengetahuan sosial (tentang ekonomi, geografi, sejarah, sosiologi, antropologi, kesenian, dll),
    3. pengayaan keterampilan.
Naskah nonfiksi dapat disajikan dalam bentuk eksposisi (pemaparan ilmiah populer) atau narasi (untuk penulisan biografi dan sejarah). Tokoh/objek, kegiatan, waktu, dan tempat yang dipaparkan/dikisahkan sepenuhnya bersifat faktual.
  • HADIAH
Pemenang I : Rp 17.000.000,00
Pemenang II : Rp 16.000.000,00
Pemenang III : Rp 15.000.000,00
Hadiah dikenai PPh 15%.
Jumlah pemenang sayembara untuk semua jenis dan jenjang pendidikan sebanyak 54 orang.
  • PERSYARATAN
A. Peserta


    1. Pendidik dan tenaga kependidikan, baik yang masih aktif maupun yang sudah pensiun, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan atau salinan pensiun.
    2. Belum menjadi pemenang tiga kali atau lebih dalam sayembara penulisan naskah buku pengayaan yang diselenggarakan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
B. Naskah


    1. Isi naskah dapat dipertanggungjawabkan oleh penulis, tidak bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, tidak bias gender, serta tidak menimbulkan masalah SARA.
    2. Naskah merupakan karya asli, tidak berseri, belum pernah menjadi pemenang sebagian ataupun seluruhnya dalam sayembara mana pun, tidak sedang diikutsertakan pada sayembara lain, dan belum pernah diterbitkan yang ditunjukkan dengan surat pernyataan bermeterai Rp6.000,00 (enam ribu rupiah).
    3. Naskah berbentuk biografi harus memenuhi ketentuan:
a.       tokoh yang ditulis adalah warga negara Indonesia yang berprestasi di tingkat provinsi, nasional, atau internasional.
b.      data harus akurat dan dapat dibuktikan keabsahan dan kebenarannya;
c.       melampirkan izin dari tokoh yang diceritakan atau ahli warisnya.


    1. Menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan sasaran dan tingkat berpikir pembaca.
    2. Ilustrasi/gambar dibuat pada halaman tersendiri (terpisah) disertakan identitas gambar
    3. Naskah diberi identitas, yakni: (a) judul naskah, (b) kelompok naskah (fiksi atau nonfiksi), (c) jenis naskah (prosa, puisi, drama, pengayaan pengetahuan alam, pengayaan pengetahuan sosial, atau pengayaan keterampilan), (d) jenjang pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, atau SMA/MA /SMK/MAK).
    4. Naskah diketik di atas kertas A4, minimal 60 halaman, 2 spasi, minimal 20 baris per halaman. Apabila ditulis tangan, naskah ditulis rapi sekurang-kurangnya 80 halaman folio, minimal 25 baris per halaman
    5. Semua kutipan, foto, dan ilustrasi harus menyebutkan sumbernya (Undang-Undang Hak Cipta No.19 Tahun 2002)
    6. Melampirkan identitas diri (KTP/SIM), dan riwayat hidup yang berisi informasi nama lengkap, NIP (jika ada), pekerjaan, alamat rumah dan kantor, telepon/HP
    7. Naskah dikirim kepada panitia Sayembara dalam bentuk ketikan/tulisan asli (bukan fotokopi atau tindasan) dan dijilid
    8. Setiap calon peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu (1) judul naskah
    9. Naskah dikirim paling lambat tanggal 15 Mei 2009 (stempel pos) kepada:
Panitia Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan 2009
Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Jln. Gunung Sahari Raya No. 04 Jakarta 10002


    1. Naskah yang dikirim ke panitia menjadi milik panitia dan tidak dikembalikan
  • PENJELASAN
1.      Hasil keputusan Dewan Juri Sayembara tidak dapat diganggu gugat.
2.      Pengumuman dan pemberian hadiah kepada pemenang akan dilaksanakan pada peringatan Hari Guru tahun 2009. Para calon pemenang sayembara akan diundang ke Jakarta untuk menghadiri pengumuman pemenang.
3.      Hak Cipta (Hak Ekonomi) naskah pemenang sayembara ada pada Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hak Moral melekat pada Penulis.
4.      Informasi lebih lanjut tentang sayembara dapat menghubungi Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Tel. (021) 3804248, Pesawat 275, Fax. (021) 3458151, 3806229, serta melalui Situs Internet Pusat Perbukuan dengan alamat www.sibi.or.id [SEMOGA BISA DIAKSES DENGAN BAIK]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sukran. Berikan komentar Anda di sini. Itu akan membantu kami memperbaiki isi blog, insya Allah. JAK

Entri Populer Minggu Ini