19 Apr 2009

10 Cara Jitu Menurunkan PageRank dan Membuat Pengunjung Blog Lari tak Pernah Kembali

Assalaamu'allaykum.

Sudah setahun saya ngeblog, berbagai pelajaran dengan beragam topik telah saya dapatkan dalam kurun waktu tersebut. Seri posting "Setahun Ngeblog" saya akan berisi hal-hal tersebut. Istilah kerennya lessons learnt, hua ha ha, keren bener padahal inilah seri tulisan yang akan berisi daftar sekian kekonyolan, kebetulan yang menguntungkan, percobaan merugikan, kesalahan yang malah jadi berkah. Intinya, hal-hal yang sudah saya alami, mungkin bisa berbeda pada orang lain. Inilah beberapa hal dari sekian banyak hal yang sudah saya lakukan pada blog-blog saya, dan hasil-hasil yang saya dapatkan darinya. Dalam tiap posting seri ini akan memuat 10 hal yang saya pelajari, diurutkan bukan pada peringkat tertentu. Penomoran hanya untuk memudahkan saya menuliskannya saja.

Semoga postingan saya ini berguna, untuk ditiru atau dihindarkan. Tergantung pada pilihan sahabat: mau punya blog yang populer atau yang sepi kayak kuburan di tengah malam.

Menurunkan PageRank dan Mengusir Pengunjung

  1. Tampilkan sebanyak mungkin News Feed
    Satu berita dalam news feed biasanya bukan link langsung ke artikel yang ditampilkan. News feed akan membawa banyak sekali link yang (sedikit) berhubungan dengan isi blog, dan makin banyak kita masukkan link yang tidak berhubungan dengan isi blog akan makin pasti pula link-link tersebut menurunkan PageRank kita. Silakan dicoba, dua atau tiga widget berisi feed sudah cukup untuk melihat hasilnya di waktu pemutakhiran (updating) PageRank Google yang dilakukan per 3 bulan. (Kasus Minum Kopi Pahit)
  2. Pasang sebanyak direct-link ke blog/situs yang tidak ada hubungan dengan isi blog
    Makin tidak ada hubungannya link yang kita pasang dengan isi blog membuat mesin pencari makin banyak punya keyword yang tidak bisa diprioritaskan untuk blog kita. Alih-alih meningkatkan PageRank, beternak tautan (link-farm) atau program tukaran link sangat ampuh untuk menurunkan PageRank.(Kasus blog ini dan versi Engslish-nya)
  3. Pasang sebanyak mungkin widget dari pihak ketiga
    Hal ini akan membuat blog membutuhkan waktu laamaaaa saat loading, dan pengunjung lari tunggang langgang ... bahkan kemungkinan mereka menutup jendela browser tanpa pernah melihat isi blog. Masih untung kalau tidak mengumpat jengkel karena waktunya yang berharga telah kita sia-siakan. (Kasus blog ini dan versi Engslish-nya saat memasang widget tambahan dari widgetbox dan beberapa layanan widget lain, juga pada saat mencoba pakai widget berisi kode modifikasi dengan memakai Google AJAX tanpa percobaan memadai)
  4. Tampilkan banyak gambar tanpa menentukan 'alt' dan 'title'
    Hal ini akan membuat mesin pencari macam Google, Yahoo, Dogpile, dll mumet untuk menentukan benda apakah yang ada di halaman blog kita, perlu di-index atau tidak. Gambar tanpa atribut 'alt' dan 'title' sangat mungkin tidak akan diindeks mesin pencari. Akibatnya? Ini tidak membantu kita dalam menaikkan PageRank, bahkan makin banyak elemen dalam halaman-halaman blog kita yang tidak terindeks mesin pencari akan efektif untuk menurunkan PageRank. (Kasus blog ini)
  5. Tampilkan isi blog dalam iframe
    Sangat efektif dalam hal menurunkan PageRank karena orang lain tidak akan pernah bisa secara langsung membuat tautan ke isi blog kita. (Kasus blog ini, tiga bulan pertama saat masih pakai template klasik --html, bukan xml)
  6. Terus menulis dengan grammar kacau dan salah ejaan
    Bila kita menulis isi blog dalam bahasa asing, kesalahn berulang-ulang dalam hal grammar dan ejaan, cepat atau lambat pengunjung akan berhenti datang ke blog kita karena "tidak kredibel". (Kasus blog 'Mi Amor: Catalunya' --dalam bahasa Spanyol, sudah saya hapus, "sadar diri" hi hi hi)
  7. Pasang video/audioclip yang otomatis aktif saat loading blog dimulai
    Begitu tergila-gila kita pada satu video/audioclip, kita pastikan pengunjung akan langsung mendapat suguhan video/lagu itu secara otomatis saat mereka mendarat di blog kita, bahkan sebelum loading selesai. Selain memperlama waktu loading, ini akan mengganggu pengunjung, mengagetkan mereka, dan bila video/lagu yang diputar otomatis itu tidak berkenan di hati maka hal ini akan mendorong pengunjung untuk tidak pernah/tidak usah sering-sering mengunjungi blog. (Kasus Share the Reading saat pakai music player dari immeem.com dan saat pasang video The Wall in Berlin)
  8. Tidak pernah cek dead-link
    Sangat ampuh untuk menurunkan PageRank sekaligus mengusir pengunjung. Pengunjung yang terlalu sering mendapat halaman error 404 saat mengklik tautan di blog, tentu akan sangat keras kepala bila jadi pengunjung setia blog kita. (Kasus pada semua blog saya)
  9. Hosting gambar di layanan minim bandwidth
    Ini memastikan gambar tidak akan tampil di halaman blog tiap kali limit bandwidth terlewati. Cukup jitu dalam mengusir pengunjung yang jengkel karena tidak akan melihat gambar kita (malah mendapat gambar indah "bandwith exceeded"), juga ampuh untuk menurunkan PageRank karena data gambar yang terindeks dijamin cukup kacau. (Kasus pada semua blog saya, dengan gambar yang saya hosting di imagecave.com. Bila sahabat tidak terlalu berminat pada tampilan blog yang rusak parah atau tidak berniat pula mengubur PageRank jadi nol, saran saya pastikan hosting gambar sahabat di webpicasa google atau photobucket atau imagebam atau imageshack. Saran berikutnya, bila ini terjadi pada blog anda, jangan seperti saya yang malas memperbarui hosting gambar: pindahkan gambar anda segera!)
  10. Buat link menu dengan prioritas amburadul, letakkan di bagian header
    Bagianheader karena css-style dan letaknya merupakan bagian yang pertama-tama digerayangi (di-crawl) oleh mesin pencari, dan link yang pertama kali muncul merupakan link yang paing mendapat prioritas penting. Jadi, bila kita letakkan link menu di bagian header, dan link yang pertama terdeteksi di dalamnya merupakan link tentang penguin Afrika, Google akan "menuduh" itulah isi terpenting dalam blog kita. Hubungannya dengan PageRank? Isi sesungguhnya dari blog kita makin dianggap gak penting. (Kasus blog ini dan versi english-nya saat pertama-tama pakai ADxMenu)
,

Sekian dulu laporan pertama "Setahun Ngeblog", akan saya sambung secepat yang saya bisa. Wassalamu'allaykum.

3 komentar:

  1. hmm.. kayanya ada beberapa hal yang ada dalam blog saya .. thanks mba ren... jadi mau modif lagi nih :D

    BalasHapus
  2. aduh, saya jadi malu, mochal...

    BalasHapus
  3. aduh tipsnya serem banget, siapa ya yg mau nurunin PR? sebenarnya gampang banget mau nurunin PR hapus aja isi blognya biarkan kosong tanpa artikel alias blank pasti turun deh page ranknya, hihihi

    BalasHapus

Sukran. Berikan komentar Anda di sini. Itu akan membantu kami memperbaiki isi blog, insya Allah. JAK

Entri Populer Minggu Ini